Psikologi marketing atau neuromarketing merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyukseskan tujuan pemasaran agar hasil penjualan lebih maksimal. Kegiatan ini sangat penting bagi suatu usaha, sehingga banyak pengusaha yang menerapkan berbagai cara agar usahanya lebih maju.
Trik Neuromarketing yang Bisa Anda coba
Bagi pengusaha yang akan memajukan bisnisnya dapat melakukan beberapa trik untuk menarik perhatian pelanggan. Hal ini akan memberikan hasil yang maksimal, apabila pengusaha mengikuti setiap prosedur dengan benar. Berikut beberapa trik neuromarketing yang paling umum, yakni:
1. Hindari Menggunakan Kalimat Perintah
Apabila suatu usaha sedang melakukan promosi untuk menarik perhatian masyarakat, maka pengusaha harus membuat promosi yang tidak menggunakan kalimat perintah. Pengusaha dapat memberikan potongan harga atau diskon yang menggiurkan bagi pelanggan pertama, dan menghindari promosi yang berlebihan.
2. Pahami Tipe-tipe Pelanggan
Pelanggan memiliki sifat dan sikap yang beragam, sehingga pengusaha harus menerapkan beberapa cara untuk menarik perhatian pelanggan. Umumnya pelanggan memiliki tipe hemat, loyal dan juga perhitungan sehingga strategi marketing yang akan Anda lakukan harus mencakup tipe-tipe tersebut.
3. Bangun Urgensi
Menciptakan urgensi pada produk dengan cara unik akan menarik perhatian pelanggan. Beritahukan manfaat produk bagi pelanggan yang menggunakannya, dengan demikian banyak pelanggan yang tertarik dengan produk tersebut. Jangan membuat urgensi dengan kata-kata yang klise, sebab tidak akan menarik perhatian pelanggan.
4. Tunjukkan Nilai Bisnis
Apabila perusahaan memiliki visi dan misi, maka pengusaha dapat menunjukkan kepada masyarakat dengan membuat kegiatan tertentu. Dengan demikian perusahaan akan terkenal di kalangan masyarakat, sehingga masyarakat tertarik dengan produk-produk yang Anda tawarkan.
5. Terapkan Teknik Penawaran
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang akan membeli suatu produk jika telah mengetahui manfaatnya. Pengusaha dapat menawarkan produk dan memberikan beberapa solusi apabila pelanggan mengalami masalah ketika menggunakan produk tersebut, sehingga hal ini akan menarik perhatian banyak orang.
6. Tampilkan Testimoni dari Pelanggan dengan Konten yang Unik
Pengusaha dapat menggunakan testimoni dari pelanggan untuk menarik perhatian banyak orang. Tampilkan Testimoni dengan konten yang unik dan menarik, sehingga pelanggan mudah terpengaruhi dengan testimoni tersebut. Cara ini telah menjadi strategi umum, dan terbukti memberikan hasil yang maksimal.
7. Berikan Kejutan pada Pelanggan
Pengusaha dapat memberikan kejutan kepada pelanggan dengan sajian yang unik dan tidak terduga. Dengan cara ini, maka loyalitas suatu perusahaan akan terbangun dengan baik. Ketika menggunakan cara ini, banyak pelanggan yang akan memberikan testimoni positif sehingga mampu menarik perhatian pelanggan lainnya.
Beragam trik psikologi marketing ini, dapat pengusaha terapkan pada bisnisnya agar pendapatan perusahaan selalu meningkat. Usahakan melakukan trik di atas dengan konsisten, agar jumlah pelanggan selalu meningkat. Sebab kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang harus perusahaan miliki.