4 Masalah Ini Bisa Terjadi jika Cafe Rooftop Anda Bocor

Cafe dengan rooftop memiliki pesonanya tersendiri. Biasanya, ini menjadi daya tarik bagi pengunjung karena bisa menikmati waktu bersantai sambil melihat pemandangan di rooftop. Namun, desain ini sering memicu masalah, misalnya kebocoran. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan waterproofing outdoor agar terhindar dari masalah bocor. 

Mungkin terdengar sepele, namun rembes air dan kebocoran bisa memicu beragam masalah lain yang lebih besar. Simak selengkapnya!

Masalah yang Terjadi saat Rooftop di Cafe Bocor

Kebocoran pada area rooftop adalah masalah yang cukup sering dijumpai. Hal ini bukan sesuatu yang aneh mengingat area rooftop langsung terbuka dan pastinya akan terpapar panas juga hujan. Jika ada bagian rooftop yang bocor, Anda harus berhati-hati karena bisa muncul beberapa masalah berikut ini. 

  • Muncul Jamur di Area yang Bocor

Saat terjadi kebocoran, maka kelembaban di area tersebut akan meningkat. Hal ini kemudian bisa memicu tumbuhnya jamur. Jamur pada bagian atap yang dimanfaatkan sebagai rooftop tentunya akan sangat mengganggu. 

Rooftop cafe seharusnya mengutamakan kebersihan dan keindahan area. Jika ada jamur yang muncul di salah satu area, maka hal ini akan memicu rasa tidak nyaman. Apalagi jamur tersebut bisa menyebar dan bertambah banyak jika kebocoran tidak diatasi dengan baik. 

  • Merusak Estetika

Estetika area rooftop jelas akan rusak karena adanya kebocoran yang memicu munculnya jamur. Apalagi jika jamur sudah menyebar ke area yang lebih luas. Belum lagi jika jamur tersebut memicu kerusakan lain yang membuat area rooftop jadi kotor dan terlihat tidak terawat. 

Sebaiknya, Anda segera mencari solusi kebocoran tersebut karena rusaknya estetika area rooftop cafe bisa berdampak buruk. Apalagi jika rooftop cafe tersebut memiliki konsep desain yang bagus dan ikonik. Tentunya akan rugi besar jika konsep cafe rusak karena masalah kebocoran dan jamur. 

  • Mengganggu Kenyamanan Pengunjung

Masalah lain yang bisa muncul akibat adanya kebocoran di rooftop cafe adalah terganggunya kenyamanan pengunjung. Tentu saja kenyamanan mereka bisa terganggu karena ada area yang bocor, kotor, dan berjamur. 

Hal seperti ini tidak bisa dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja. Jika pengunjung sudah merasa tidak nyaman dan terganggu, maka mereka bisa jadi malas untuk datang lagi. Tentu kondisi semacam ini akan mengganggu kelancaran bisnis Anda. 

  • Memicu Kebocoran Lebih Parah

Sekecil apapun kebocoran yang terjadi di area rooftop cafe bisa berubah menjadi masalah besar karena titik bocor bisa berkembang lebih parah. Jika tidak segera diatasi, maka kebocoran tersebut akan bertambah parah dan lebih sulit untuk diatasi. 

Tidak hanya lebih sulit diatasi, jika kebocoran meluas, maka biaya perbaikannya juga akan jadi lebih banyak. Tentu hal seperti ini justru akan memberatkan dan membuat Anda rugi. 

Cara Mengatasi Kebocoran pada Outdoor Rooftop Cafe

Kebocoran pada area rooftop cafe sebaiknya diatasi dengan cara yang tepat. Begitu ada indikasi kebocoran, sebaiknya Anda segera mencari solusi agar masalah tersebut bisa teratasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi kebocoran di area outdoor rooftop cafe yang dapat Anda terapkan. 

  • Identifikasi Sumber Kebocoran

Pertama-tama, identifikasi dulu sumber kebocorannya. Tentu Anda tidak bisa mengatasi masalah bocor ini jika tidak tahu di mana titik sumbernya. Cara paling efektif untuk menyelesaikan kebocoran adalah dengan mengatasi sumbernya terlebih dahulu. 

Identifikasi sumber bocor pada atap sebenarnya tidak sulit karena Anda pasti tahu bagian mana yang lembab dan basah. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh supaya bagian-bagian yang terindikasi bocor bisa ditemukan. 

  • Bersihkan Area Rooftop

Selanjutnya, bersihkan area rooftop secara menyeluruh agar nanti Anda bisa lebih mudah melakukan tahapan lain. Pembersihan ini dilakukan agar lebih mudah bagi Anda untuk memperbaiki bagian yang bocor. 

Selain itu, hal ini juga perlu dilakukan untuk mengetahui kalau saja ada bagian lain yang juga bocor, namun masih bocor kecil. Misalnya saja ada titik yang rembes air, namun belum terlalu mengganggu, lewat proses pembersihan ini pasti bisa diketahui. 

Meskipun hanya berupa rembesan air, tetapi hal semacam ini harus diperhatikan. Rembesan tersebut bisa menjadi indikasi kebocoran yang akan berkembang jadi masalah besar di kemudian hari. 

  • Lakukan Waterproofing

Salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar masalah kebocoran bisa teratasi dengan baik adalah proses waterproofing outdoor rooftop cafe. Proses ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan material kedap air untuk mencegah terjadinya kebocoran. 

Saat ini, Anda bisa menemukan produk lapisan kedap air dengan mudah di pasaran. Namun, pastikan tidak asal pilih dan pakailah produk yang benar-benar berkualitas agar hasilnya lebih optimal. Apalagi untuk area rooftop yang sering terpapar hujan atau air. 

Selain memilih produk kedap air yang tepat, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan proses pengaplikasiannya. Pastikan proses waterproofing berjalan dengan tepat dan permukaan atap sudah benar-benar bersih.

Kesimpulan

Waterproofing coating pada area rooftop cafe bisa berjalan lebih baik dengan hasil optimal pakai produk Sikalastic 110. Produk ini mudah untuk diaplikasikan dengan roller, kuas, maupun metode semprot. Formulanya juga aman digunakan dan ramah lingkungan. 

Sikalastic 110 memiliki elastisitas yang tinggi dan cocok digunakan pada atap datar. Lebih dari itu, material ini juga memiliki adhesi yang optimal pada beton. 

Sika memiliki pengalaman selama 113 tahun dan sudah handle banyak project besar di Indonesia. Salah satunya adalah project One Marina Boulevard di Singapura dan Sika sendiri merupakan brand yang pertama kali mencetuskan waterproofing semen di Indonesia. 

Sikalastic 110 akan menjadi pilihan tepat untuk proses waterproofing outdoor rooftop cafe Anda. Langsung saja klik di sini untuk mendapat informasi produk selengkapnya. 

Tinggalkan komentar