Semakin tingginya kesadaran pentingnya SDM dalam perusahaan, sehingga segala upaya dilakukan agar karyawan berkontribusi mensukseskan perusahaan. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa menggunakan assessment center sebagai dasar untuk membuat keputusan.
HR juga bisa menghimpun data, sehingga memudahkan membuat program pengembangan berkaitan dengan SDM.
Fungsi Perusahaan Memanfaatkan Assessment
Secara umum, assessment center adalah metode pengukuran karakter individu menggunakan berbagai simulasi. Tujuan utamanya yaitu untuk menilai kompetensi dan potensi individu. Penilaian ini membantu memastikan individu tersebut mampu menjalankan sebuah pekerjaan atau jabatan tertentu.
Perusahaan umumnya menggunakan assessment untuk menyeleksi pegawai berdasarkan kebutuhan perusahaan. Selain itu, assessment juga dapat memberi umpan balik bagi para pesertanya karena memberikan laporan tentang kelebihan maupun kelemahan. Berikut ini tujuh fungsi menerapkan simulasi assessment center:
-
Menyeleksi pegawai baru
Fungsi utama assessment yaitu sebagai alat menyeleksi para pegawai, sehingga perusahaan akan mendapatkan SDM yang tepat untuk posisi tertentu. Serangkaian tes dalam assessment bertujuan membantu menilai kemampuan dan potensi calon pegawai untuk menjalankan pekerjaan tersebut.
-
Pengembangan karir
Assessment juga bisa anda gunakan sebagai alat untuk membantu peserta menentukan jalur karir yang tepat.Sebab, tes assessment memberikan umpan balik yang berguna untuk menjelaskan kelebihan maupun kekurangan individu hal tersebut akan membantu seseorang mengembangkan karir lebih baik lagi.
-
Meningkatkan kinerja pegawai
Selain itu, assessment center juga bisa perusahaan terapkan untuk menilai kinerja para pegawainya. Umpan balik yang perusahaan dapatkan berguna untuk meningkatkan kinerja para pegawainya. Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan evaluasi yang tepat, sehingga bisa mengambil keputusan mengenai para karyawannya pegawainya.
-
Penilaian kinerja tim
Metode assessment center adalah cara jitu untuk menilai kinerja tim. Perusahaan akan mendapatkan informasi terhadap suatu proyek yang dikerjakan oleh tim tersebut. Berdasarkan informasi, maka tim memiliki Jalan tepat untuk mengembangkan kinerja dan kekompakan.
-
Meningkatkan kemampuan manajerial individu
Salah satu hal yang berkaitan dengan keterampilan memimpin organisasi atau unit tertentu adalah kemampuan manajerial. Anda bisa memanfaatkan assessment center untuk memberi gambaran yang jelas dalam penilaian manajerial. Hasil dari assessment tersebut sekaligus dapat meningkatkan kemampuan individu menurut keterampilan masing-masing.
-
Meningkatkan kompetensi
Banyak orang yang tidak menyadari kompetensi apa saja yang ada dalam dirinya. Beberapa individu juga tidak menyadari sikap-sikap negatif dapat berimbas kurang baik dalam jangka panjang untuk diri sendiri maupun tempatnya bekerja.
Oleh karena itu, assessment center hadir untuk menilai kompetensi seseorang lebih akurat dan meningkatkan hal-hal ke arah yang lebih positif.
-
Meningkatkan kemampuan interpersonal
Kemampuan interpersonal merupakan hal penting terutama pada hubungan sosial yang berkaitan dengan pekerjaan. Sebab, kemampuan interpersonal berkaitan langsung dengan komunikasi ke banyak pihak. Oleh karena itu, metode asesmen ini penting sebagai bahan rujukan untuk menilai kemampuan interpersonal individu.
Terdapat tujuh fungsi assessment center Indonesia bagi kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan memilih penyedia layanan assessment, Harrison Assessment menjadi salah penyedia layanan terbaik.